Translate

Jumat, 10 Januari 2014

dampak sosial interaksi manusia dan internet


TUGAS 1 :
Dampak sosial dari interaksi manusia
dan internet dilihat dari berbagai tinjauan bidang psikologi. 

Dampak Sosial dari Interaksi Manusia dan Internet

Internet, apa itu internet ?? internet merupakan singkatan dari interconnection-networking yang merupakan sistem jaringan yang menghubungkan tiap-tiap komputer secara global di seluruh penjuru dunia. Koneksi yang menghubungkan masing masing komputer tersebut memiliki standar yang digunakan yang disebut Internet Protocol Suite disingkat TCP/IP. Komputer yang terhubung ke internet akan memiliki kemampuan melakukan pertukaran data dengan sangat cepat.
Seperti yang telah diketahui, internet merupakan alat yang ampuh untuk bertukar berbagai macam informasi.  Internet juga membantu orang menemukan berbagai informasi secara cepat dan singkat sehingga tidak memerlukan banyak waktu.  Dalam internet terdapat berbagai macam informasi apapun sehingga kita dapat mencari informasi apapun  yang kita butuhkan.
Akan tetapi, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam situs jejaring social ternyata juga memiliki dampak social baik itu positif maupun dampak negative. Banyak sekali dampak positif yang di dapat dalam penggunaan jasa internet, yaitu seseorang menjadi lebih mudah mendapatkan berbagai macam informasi, memiliki akses untuk berkomunikasi dengan setiap orang baik di dalam maupun luar negeri, memperoleh validasi social, adanya keterbukaan diri seseorang, seseorang juga dapat mengekspresikan dirinya , menyebarkan informasi informasi kepada khalayak luas, dan internet pun terhubung dengan jalinan kerja sehingga memudahkan seseorang untuk mencari pekerjaan lewat internet.
Selain dampak positif internet bahkan memiliki dampak negative, antara lain : adanya keterbukaan diri seseorang yang ia publish dalam dunia maya membuat berkurangnya aspek privasi dari seseorang tersebut. Padahal privasi itu penting bukan? Karena privasi berfungsi sebagai identitas pribadi seseorang,  untuk megevaluasi diri dan membantu seseorang untuk mengelola perasaan otonominya. Dampak negative yang lebih besar lagi adalah kurangnya atau bahkan tidak adanya kontak social dengan dunia nyata karena seseorang terlalu asik menghabiskan waktu berlama lama dengan internet untuk berinteraksi dengan teman di dunia mayanya. 
Karena kini, teknologi semakin canggih dengan adanya program internet relay chatting (IRC) , internet, dan e-mail makin membuat orang asyik untuk berinteraksi lewat dunia maya. Dan malah melupakan dunia nyatanya. Dan jika hal itu berkelanjutan seseorang dapat menjadi anti-sosial karena ia lebih mendapatkan kenyamanan jika ia berinteraksi hanya dalam dunia maya.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar