Translate

Senin, 09 November 2015

#SIP TINGKATAN CBIS, MACAM PEMROSESAN DATA, PENYIMPANAN DATA



Apa saja tingkatan data dalam CBIS itu????
Perencanaan
Analisis
Rancangan
Penerapan
penggunaan

macam-macam pemrosesan data ??
BATCH- model penghimpun data dengan mengimpun data terlebih dulu dan diatur dalam kelompok-kelompok yang disebut BATCH. Setiap batch ditandai dengan suatu identitas , nah setelah data telah terkumpul data akan langsung diproses. Contohnya seperti: e-mail. Transaksi yang terjadi sevcara individual akan dientri dalam peralatan terminal, dilakukan dengan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction fileyang berisi transaksi lain..kemudian dientri secara periodik. Transaction file dapat divalidasi  lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk mengupdate dan transfer file.
ONLINE, sistem yang mengaktifkan periferal sebagai pemasok data dalam kendali komputer induk. Contohnya : transaksi online, dalam sistem online transaksi individual di entri dalam peralatan terminal,  divalidasi dapat digunakan untuk mengupdate. Nah, hasil pengolahannya tersedia untuk permintaan keterangan atau laporan.
REAL TIME, sistem ini adalah sistem waktu nyata. Sistem ini harus menghasilkan respon yang tepat dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Jika melewati batas waktu maka akan terjadi kegagalan sistem.  Biasanya aplikasi ini untuk memantau
dan mengontrol peralatan motor, teleskop, atau yang lainnya.
Kali ini kita akan membahas topik mengenai DASD dan SASD. DASD adalah direct access storage device sedangkan SASD adalah sequential accsess storage device. Kedua media penyimpanan diatas merupakan media penyimpanan sekunder, yaitu media penyimpanan yang terpisah dari komputer sehingga data dapat disimpan secara permanen.

Penyimpanan data
DASD (direct accsess storage device)
Merupakan suatu perangkat yang pemrosesan datanya secara langsung yaitu dapat menulis ataupun membaca di tempat yang diperlukan. Contohnya seperti: diket, hard-disk zip disk, CD/DVD.
Kelebihan dari media penyimpanan ini adalah efisiensi waktu sehingga kerjanya tergolong cepat.
SASD (sequential accsess storage device)
Merupakan suatu perangkat yang pemrosesan datanya secara langsung yaitu dapat menulis ataupun membaca dari awal hingga akhirsecara urut sehingga tidak terloncat atau melewati bagian tertentu.
Contohnya seperti: kaset, punched card, magnetic tape dan sebagainya.
Akan tetapi, perangkat-perangkat ini sudah jarang digunakan dikarenakan proses kerjanya sangat lambat sehingga memakan waktu, tetapi harganya memang murah dan terjangkau. Biasanya SASD digunakan sebagai media cadangan untuk menyimpan data.



Referensi :
Bernstein, P.A. , Newcomer, E. (2009)Principles of Transaction Processing second edition.UK : Morgan Kaufman
Mc Leod. R (1992).Information management.New York:Prentice-Hall
Sulianta, F.(2008). Komputer Forensik. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo
vanta,rivany.(2011).Evolusi sistem informasi berbasis komputer.
YULIDC.(2012).pengertian computer based information system (CBIS).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar