Translate

Selasa, 28 Oktober 2014

Tugas soft skill ( psikologi manajemen )



Tugas soft skill ( psikologi manajemen )

Kali ini saya akan mereview jurnal psikologi manajemen.
Apa sih psikologi manajemen ??
Psikologi manajemen merupakan ilmu tentang bagaimana mengatur dan memanage sumber daya yang ada untuk memenuhi suatu kebutuhan .
Manajemen itu sendiri memiliki 4fungsi antara lain :
-          Perencanaan
-          Pengorganisasian
-          Pengarahan
-          Pengawasan
Tugas kali ini adalah mereview jurnal psikologi manajemen. Jurnal yang akan saya review berjudul “ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI ATASAN BAWAHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH CABANG SURAKARTA “
Latar belakang & tujuan penelitian …..
Kekuatan organisasi terletak pada manusianya bukan pada sistemnya, teknologinya,prosedurnya atau sumber dananya.
Untuk membentuk suatu kerja sama yang baik sangat diperlukan adanya komunikasi. Komunikasi yang baik akan menimbulkan saling pengertian dankenyamanan dalam bekerja.
Meskipun sebuah perusahaan memiliki alat komunikasi yang canggih danmodern itu semua tidak dapat menjamin sebuah komunikasi dapat berjalan dengan lancar.
PT. Bank BPDjateng cabang Surakarta memiliki pegawai yang dinamis, karena para pegawai termotivasi jika ia mengerjakan suatu pekerjaan dengan sebaik baiknya maka ia akan mendapat imbalan yang sepadan.
Metode penelitian…
Populasi dan sampel : pengambilan sampel sebanyak 83 orang.
Teknik pengumpulan data menggunakan  2 cara. Yang pertama dengan metode wawancara. Wawancara berarti mengulas berbagai informasi dari seorang narasumber dan metode yang kedua yaitu kuesioner yaitu dilakukan dengan menyebarkan daftar pertanyaan yang disusun menurut kebutuhan.
Komunikasi diukur berdasarkan aspek : - intensitas pertemuan pegawai dengan pimpinan, kerjasama pegawai dengan pimpinan, dan media komunikasi
Motivasi diukur berdasarkan aspek : - pemberian motivasi pimpinan, pemenuhan kebutuhan pokok melalui jumlah pendapatan perbulan, dan fasilitas kerja.
Kinerja diukur berdasarkan : kualitas kerja dan kuantitas kerja.

Teknik analisis data :
-           uji regresi ( formulasi untuk mengestimasi hub spekulatif 2 variabel x dan y )
-          Uji-T ( untuk menganalisis hasil estimasi statistic nilai parameter apakah dapat dipercaya dan berpengaruh secara signifikan.)
-          Uji-F  ( formulasi untuk membandingkan model x terhadap variasi residual. Dimana r2 merupakan koefisien determinasi , k adalah parameter dan n adalah besar sample. Uji –F adalah uji estimasi statistic secara bersama sama dapat diterima 95% minimal 4 )
-          Uji R2
-          Uji multikolineritas ( melihat korelasi antara 2 variabel bebas. Jika diantara keduanya memiliki korelasi lebih besar dari korelasi antara variable bebas dan terikatnya.
-          Uji Heteroskedastitas ( mengetahui bias / tidak  hasil regresi )
-          Uji otokorelasi.

Hasil penelitian …
Uji regresi = komunikasi dan motivasi bersama sama berpengaruh terhadap kinerja.
Koefisien determinasi = variable komunikasi dan motivasi secara bersama sama bisa menjelaskan berpengaruh
Uji –F statistic = variable komunikasi dan motivasi secara bersama sama menerangkan variable kinerja karena F hitung  > F table = 4,33 dengan derajat kebebasan 1 %.
Uji- T statistic = -  pengaruh variable komunkasi secara signifikan dan positif  terhadap kinerja.
variable motivasi secara signifikan dan positif  terhadap kinerja.
Pengaruh variable komunikasi dan motivasi secara signifikan dan positif terhdap kinerja
-           

-           


Uji multikolineritas = hub. V. komunikasi dengan motivasi= -0,615ndengan toleransi = 0,622.menunjukan adanya multikolineritas tapi karenabesar hub. V. komunikasi dan motivasi tdk sebesar hub. Kedua variable thdp kinrja maka tdk serius.
Uji heteroskedastisitas = terbukti tdk ada masalah tentang heterokedastisitas dan regresi bisa dilanjutkan.
Uji autokorelasi = objek penelitian menyatakan sangat setuju dan setuju mendapat prosentasi yag tinggi dari pada yang menyatakan tidak setujudan sangat tidak setuju.


Putri Anggrainy Septana
3PA08
Psikologi manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar